CRYPTO MINING: Belajar Menambang Aset Kripto Menggunakan Perangkat Sederhana bagi Pemula (Bagian 1- Pendahuluan)

Secara sederhana, Crypto Mining adalah salah satu aktivitas untuk mendapatkan aset kripto, seperti : Bitcoin, Ethereum, Cardano dan sebagainya dengan cara menjalankan aplikasi / program penambang (mining software) pada perangkat komputer / laptop / smartphone yang terhubung ke internet untuk memecahkan algoritma kryptografi pada sebuah blockchain/server kripto.

Ilustrasi seperrangkat PC penambang Kripto. Sumber Foto : Internationalinvestorclub.com

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mendapatkan aset digital ini, di antaranya :
1. BUY : kamu bisa membeli aset kripto kepada orang yang sudah memiliki aset kripto ini atau membeli di Bursa Exchange Kripto yang telah terdaftar. Di Indonesia, transaksi aset kripto adalah SAH/LEGAL dan diawasi transaksinya oleh BAPPEBTI Kementerian Perdagangan RI dan aset kripto digolongkan sebagai produk/komoditas digital yang memiliki nilai.

2. TRADING : kamu melakukan transaksi jual-beli di Bursa Exchange untuk mendapatkan aset kripto dan hati-hati dalam memilih BEC karena di internet ada banyak situs-situs bodong/penipuan. Di Indonesia sendiri, ada lebih kurang 10 Bursa Exchange yang sudah terdaftar di BAPPEBTI.

3. INVESTING : Aset kripto yang telah kamu miliki dihold/ditabung di “Digital Wallet Kripto” milik kamu untuk beberapa jangka waktu ke depan.

4. MINING : Menambang aset kripto menggunakan perangkat digital yang kamu miliki, seperti : Laptop, PC, Smartphone, Tablet

5. HACKING : Membobol aset kripto milik orang lain dan tentunya ini adalah HARAM. Dan kabar baiknya, aset kripto tidak mudah untuk dibobol karena memiliki tingkat keamanan/security tingkat tinggi.

Nah…kita akan belajar pada bagian yang ke-4, yaitu : Mining Kripto

Kamu memiliki laptop nganggur di rumah? Sayang loh klo dianggurin………

Pada sesi kali ini, kita akan mencoba menambang aset kripto CARDANO yang nilai asetnya masih rendah dan cocok dengan kondisi perangkat yang kita punya di rumah. Soalnya kalau ingin menambang BITCOIN,,peralatannya juga harus yang nomor Wah1d, minimal Intel Core i7 generasi terkini ditambah Grapich Card NVidia termutakhir…ups bukan Endorse, misal..

FYI…untuk saat ini aja, 1 CARDANO = 32.500 rupiah, sedangkan 1 BITCOIN = 750 juta rupiah… Update terbaru bisa dilihat di sini : https://coinmarketcap.com/id

Perangkat yang digunakan : 

Berikut perangkat yang saya gunakan untuk kita belajar bagaimana cara menambang aset kripto, dan lebih bagus lagi kalau kamu nantinya memiliki seperangkat komputer dengan spesifikasi yang bagus.

– Laptop semasa kuliah HP EliteBook Core i7 yang sudah tua (digunakan untuk menjalankan program mining kripto)
– HP Xiaomi jadul Redmi 4 prime yang sudah mulai pensiun (Digunakan untuk menganalisis pergerakan grafik bursa kripto dan melihat berapa jumlah aset yang telah berhasil ditambang)
– Paket internet yang digunakan : XL Prio Go 4G+ 30GB (Kecepatan internet mempengaruhi kecepatan program mengolah algoritma crypto)

Lalu software/aplikasi apa yang digunakan??

Yuk follow dulu dan share akun instagram kami: @cryptolearnid @bitcoinpadang
Menarik bukan??

>>>> Bersambung <<<<

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here